بسم الله الرحمن الرحيم
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ، اَلنَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ
Saya susun kitab pelajaran ilmu sorof dasar ini berdasarkan dua pengalaman saya, pertama, ketika pertama kali saya belajar ilmu sorof dan nahwu di pondok lirboyo mengalami kesulitan , kemudian berkat bimbingan kang Santri saya sedikit demi sedikit bisa paham dasar-dasar ilmu sorof dan nahwu. Kedua, berdasarkan pengalaman mengajar ilmu sorof di Madrasah Tsanawiyah Darul Hasanah Genuk Semarang.
Dari dua pengalaman belajar dan mengajar ilmu sorof dan nahwu ini dapat saya simpulkan. Sebaiknya pelajaran ilmu sorof diajarkan kepada anak sebelum anak diberi pelajaran ilmu nahwu, sebab anak akan bingung manakala kedua pelajaran itu di ajarkan secara bersama-sama dalam satu pekan.
Ketika anak mempelajari ilmu sorof , materi yang anak pelajari murni materi ilmu sorof saja, lain dengan ilmu nahwu, ketika anak mempelajari ilmu nahwu pasti menyangkut ilmu sorof. disinilah muncul kebingungan , gurunya bingung mengajarkan ilmu nahwu , karena ada sangkut pautnya dengan suatu materi ilmu sorof, sementara materi ilmu sorofnya belum diajarkan . kalau gurunya bingung, muridnya tentunya lebih bingung, akhirnya anak mempunyai kesan ilmu sorof dan nahwu itu sulit.
Dengan kata lain belajar ilmu sorof tidak ada sangkut pautnya dengan ilmu nahwu, sedangkan belajar ilmu nahwu pasti menyangkut ilmu sorof. Tepatlah pepatah arab yang mengatakan, ilmu sorof itu ibarat ibu, sedang ilmu nahwu ibarat bapak, maka dahulukanlah sang ibu dari sang bapak.
Dalam kitab ini tidak ada pembahasan ilmu sorof yang baru, saya hanya merobah letak bab-babnya. Memberikan contoh lebih banyak, membuat latihan , menggunakan ilmu sorof untuk mencari makna suatu kalimat di kamus, dan memberi keterangan untuk memperjelas, agar lebih sistematis dan praktis , sehingga mudah dipahami.
Biasanya orang belajar ilmu sorof ada 3 pelajaran yang harus dipelajari secara bertahap
1. Amsilatut tasriifiyyah
2. Kaidah-kaidah sorof
3. I’lal
Dalam kitab ini ketiga pelajaran itu saya gabungkan, sehingga anak lebih cepat dalam mempelajari ilmu sorof
Tujuan saya menulis kitab ini agar bagi anak anak yang pertama kali belajar ilmu sorof dan nahwu terasa mudah, tidak mengalami kesulitan sebagaimana yang saya pernah alami.
Kritik dan saran dari teman-teman atas kitab pelajaran ilmu sorof ini saya nantikan agar nantinya kitab ini lebih mudah dipahami oleh anak-anak
Oh ya, Kitab ini saya tulis untuk pegangan saya mengajar, jika teman-teman tertarik, silahkan di kopi saja, gak usah pakai izin segala dari saya, asal untuk mengajar anak-anak bukan untuk dikomersilkan
Semoga kitab ini dapat mengantarkan anak bisa memahami ilmu sorof dasar dengan mudah, bukan malah membuat anak menjadi lebih bingung.Amin
Wassalamualaikum
Muhammad Ajib
0 komentar:
Posting Komentar